Kodim Garut Sulap Sampah Anorganik Jadi Bata Beton

Equityworld FuturesJika sampah kerap jadi permasalahan di masyarakat, hal itu kini tak berlaku lagi di Kodim 0611 Kabupaten Garut, Jawa Barat. Di tempat ini, sampah disulap menjadi barang yang bermanfaat, seperti bata beton.

Ide membuat bata beton dari sampah plastik ini datang dari Dandim Garut Letkol Infanteri Asyraf Aziz. Sampah yang diambil dari pemukiman-pemukiman warga dan jalanan disulap sedemikian rupa menjadi salah satu material bangunan tersebut.

“Sampah itu mencemari lingkungan. Apalagi sampah anorganik. Karena sampah plastik ini perlu waktu yang sangat lama sekali untuk bisa dihancurkan oleh alam sendiri,” kata Asyraf kepada wartawan di Makodim Garut, Jalan Veteran, Garut Kota, Selasa (6/3/18).

Berangkat dari ide itu, Asyraf kemudian mencari cara untuk memanfaatkan sampah, terutama sampah anorganik. Saat itu kemudian muncul ide membuat bata beton.

“Kemudian kita mencari. Bagaimana caranya, apa alatnya, berapa banyak bahannya,” ucap pria yang baru dua bulan menjabat Dandim Garut itu.

Asyraf menambahkan tujuan utama membuat bata beton dari sampah plastik ini memiliki tujuan untuk memberantas sampah yang mencemari lingkungan.

“Saya memberikan pemahaman kepada anggota untuk membereskan sampah sejak dari rumah sendiri. Untuk yang organik bisa jadi pupuk, untuk yang anorganik bisa jadi bata beton,” katanya.

“Saya pikir ini bisa dicontoh oleh masyarakat. Dari pada membuang sampah sembarangan, lebih baik dimanfaatkan jadi barang berguna,” ucapnya menambahkan.

Saat ini Kodim Garut tengah berupaya memberikan pemahaman pembuatan bata beton ini kepada semua koramil yang ada di Garut. “Babinsa semuanya harus bisa. Nanti mereka yang ajarkan ke masyarakat,” pungkasnya.

 

 

Equityworld Futures

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s