Melongok Jembatan Timbang Bojonegoro yang Setahun Tak Dioperasikan

Equityworld Futures – Tonase ditengarai jadi faktor penting dalam ambrolnya jembatan penghubung Babat Lamongan dan Widang Tuban. Jembatan timbang jadi sorotan. Di Bojonegoro yang merupakan jalur Lamongan-Tuban jembatan timbang memang tak dioperasikan.

Saat detikcom melongok ke jembatan timbang di Boureno Bojonegoro, Jumat (20/4/2018), tidak ada aktivitas apapun. Dua pintu ditutup dan diberi plang bambu. Hanya dijaga seorang petugas bernama Sukisno (47).

Jembatan timbang ini tak dioperasikan sejak Januari 2017 atau saat peralihan kewenangan dari pemerintah daerah ke pemerintah pusat. Sebelumnya di-handle Dinas Perhubungan Jawa Timur, kini Kemenhub.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi saat mengecek jembatan Babat yang ambrol, Rabu (18/4), mengakui memang sebagian jembatan timbang belum dioperasikan setelah ada peralihan kewenangan. Dulu payung hukumnya perda. Kelebihan muatan akan didenda dan kendaraan jalan terus. Kini dengan UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, maka muatan diturunkan.

“Jadi fungsinya pengawasan, akan di turunkan barangnya. Jadi kita yakinkan yang lewat yang (muatannya) diperbolehkan,” tegas Budi.

Melongok Jembatan Timbang Bojonegoro yang Tak Lagi DioperasikanFoto: Ainur Rofiq/detikcom

Tahap menghidupkan kembali jembatan timbang terus berlangsung. Saat ini, total 43 jembatan timbang di seluruh Indonesia sudah dihidupkan. Tahun depan, jumlahnya bertambah jadi 77 titik.

“Yang mengawaki nanti bukan dari orang-orang Perhubungan, tapi juga pendamping dari Survero Indonesia. Saat ini untuk 43 jembatan timbang, sudah diberlakukan e-tilang. Jadi kalau dulu jembatan timbang tempat pungli nih, sekarang nggak ada lagi,” papar Budi.

“Tidak ada transaksi lagi di jembatan timbang,” tambah Budi.

Budi memastikan Kemenhub tengah menata jembatan timbang. Mulai dari menghidupkan hingga kemungkinan membuat jembatan timbang baru. Harapannya, tentu saja, jembatan ambrol tak terulang.

Equityworld FuturesEquityworld Futures

EquityworldEquityworld

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s