Go-Jek Mau Ekspansi ke Luar Negeri, Nadiem?

Equityworld Futures – Sejumlah kabar menyebutkan Go-Jek akan melakukan ekspansi ke sejumlah negara di Asia Tenggara. Ditanya soal hal tersebut, apa jawaban Nadiem Makariem?

CEO sekaligus Founder Go-Jek tidak menjawab secara gamblang. Tapi dia seolah memberikan sinyal layanan ride sharing itu akan mengepakan sayapnya lebih luas lagi hingga ke luar begeri.

“Banyak yang bilang (ekspansi), tapi itu baru katanya,” ujar Nadiem di panggung 1st NectICorn Internasional Summit yang berlangsung di Nusa Dua, Bali, Rabu (9/5/2018).

Menurut Nadiem untuk keluar dari Indonesia, harus punya penetrasi yang bagus dan memiliki posisi ketimbang saingan. Selain itu, harus punya sumber daya manusia yang mumpuni untuk pasar asing. Terakhir harus pula cukup modal.

“Jika semuanya terpenuhi, harus mengetes ke negara lain. Kita harus membuktikan itu secara alamiah,” pungkas Nadiem.

Sementara itu, saat diminta pendapatnya terkait ekspansi unicorn Indonesia ke luar negeri, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara tegas mendukung. Asalnya unicorn tersebut mengutarakan niatnya kepada pemerintah.

“Kalau ada yang fokus untuk pasar Indonesia tidak masalah, tapi jika ingin ekspansi kami akan mendukung. Bahkan saya sudah berbicara langsung dengan menteri-menteri di ASEAN” ujar Rudiantara.

“Saya bilang kenapa kita sesama negara ASEAN tidak saling mengisi dulu. Kalau tidak saling mengisi, nanti ada pihak dari region luar masuk,” imbuhnya.

Equityworld Futures

Equityworld

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s