Mau Kaya Muda? Begini Caranya (1)

Equityworld futures – Banyak orang bertanya-tanya apa sih rahasianya untuk bisa menjadi kaya ketika masih muda. Sebenarnya banyak sekali tips dan trik yang bisa kita dapatkan melalui media sosial, internet, acara TV dan Radio tentang pembahasan bagaimana seseorang bisa menjadi kaya.

Beberapa akan kita bahas di artikel berikut ini. So, mau kaya muda? Begini caranya.

Diversifikasi Portofolio
Orang kaya bahkan investor nomor satu dunia Warren Buffett mengatakan salah satu kunci sukses untuk berhasil dalam berinvestasi di saham adalah dengan diversifikasi portofolio.

Yang dimaksud diversifikasi adalah ketika investasi anda dipecah-pecah ke dalam banyak keranjang/jenis investasi. Sayangnya banyak orang tidak paham secara detail tentang diversifikasi ini.

Mereka berfikir hanya dengan membeli reksa dana yang sama dari beberapa Manajer Investasi mereka merasa sudah melakukan teori diversifikasi ini. Padahal belum tentu.

Diverisifkasi bisa jauh lebih dalam lagi dari itu. Salah satu kunci utama dari teori diversifikasi adalah, pergerakan aset-aset investasi anda haruslah berbanding terbalik antara satu dengan yang lainnya, sehingga menimbulkan efek saling ‘menjaga’.

So jadi ingat ya, ketika seluruh investasi anda turun semua ketika kondisi ekonomi sedang turun seperti sekarang, maka portofolio anda sebenarnya belum terdiversifikasi.

Hati-hati Dengan Biaya
Banyak orang cenderung tidak mengecek biaya-biaya yang berhubungan dengan investasi mereka. Sebagai contoh biaya bulanan rekening tabungan anda atau biaya transfer bulanan anda.

Pernahkah anda berhitung secara detail berapa biaya bulanan yang anda keluarkan untuk rekening tabungan anda tersebut? Selain tabungan, produk keuangan lainya yang tidak kalah besar biayanya adalah investasi seperti di reksa dana.

Bila anda teliti saat ini rata-rata biaya manajemen fee dari sebuah reksa dana saham di kisaran 1.5% sampai 3.5% per tahun. Terdengar kecil kan? Yes, bila investasi anda bisa memberikan return di atas 20% terdengar kecil.

Tapi bila hasil investasi reksa dana anda 15% saja, maka 3,5% tersebut adalah ¼ dari total hasil investasi tahunan anda. Nah, apakah ketika kondisi sedang jelek seperti sekarang ini?

Ketika hasil investasi tahunan anda rata-rata hanya sekitar 8-10% seperti saat ini, maka angka 3,5% per tahun itu setara dengan 1/3 dari hasil investasi anda.

Oke, anda bete dengan produk reksa dana dan baru menyadari bahwa biayanyanya besar sekali. Sekarang apa kabar dengan produk asuransi unitlink anda?

Ingat, di dalam asuransi unitlink ada 2 komponen utama yang akan membebankan biaya ditambah 1 komponen tambahan. Dua komponen utama itu adalah kolom investasi dan kolom asuransi.

Kolom investasi sendiri dikenakan biaya kurang lebih dengan skema yang mirip reksa dana di atas, ditambah lagi biaya dari pihak perusahaan asuransinya. Nah, untuk komponen asuransi anda akan dikenakan lagi biaya yang berhubungan dengan asuransi baik jiwanya maupun asuransi tambahan.

Sementara 1 lagi komponen tambahan adalah biaya agen alias komisi dan override yang jumlahnya bisa mencapai 50% dari dana premi yang anda setorkan ke asuransi anda. Akibatnya bisa diketahui uang anda bisa lenyap setengahnya entah kemana karena biaya-biaya tersebut. So, hati-hati dengan biaya.

Hidup Sederhana
Salah satu kunci sukses untuk bisa menjadi kaya selain berinvestasi tapi juga dimulai dengan cara hidup sederhana. Banyak orang ingin terlihat kaya, padahal terlihat kaya justru berbahaya tidak hanya kepada kantong anda juga ke diri anda sendiri.

Salah satu cara paling dahsyat untuk memperbanyak uang anda adalah dengan cara belajar hidup secara sederhana. Berapapun nominal yang berhasil anda tabung dan investasi saat ini pasti akan anda belanjakan dengan nilai lebih rendah di kemudian hari. Selain itu anda juga punya kontrol atas seluruh pengeluaran anda.

Di zaman sekarang, generasi muda banyak yang menghambur-hamburkan uang untuk membeli gadget dan liburan keliling Indonesia maupun keliling dunia, semata-mata untuk mendapatkan pengalaman ataupun foto di media sosial mereka.

Tidak ada yang salah dengan melakukan hal tersebut bila anda sudah menginvestasikan sebagian lagi uang anda. Bila anda banyak punya gadget dan foto traveling tapi tabungan dan investasi anda nol, maka anda akan bermasalah di kemudian hari.

Salah satu kunci penting untuk bisa hidup sederhana adalah dengan menguasai ilmu mengatur keuangan dan pengelolaan gaji bulanan anda.

Nah, ilmu-ilmu ini dapat dipelajari di kelas-kelas atau workshop Perencana Keuangan yang dilaksanakan oleh tim IARFC Indonesia https://ow.ly/NbPy30gC3Dy atau tim AAM & Associates http://ow.ly/pxId30gC3BB.

Di Jakarta dibuka workshop Mengelola Gaji dan Mengatur Uang bulanan sehari info http://bit.ly/PMM0418 dan Belajar Menjadi Kaya Raya dengan Reksa Dana, info http://bit.ly/WRD0418.

Sementara, di luar kota, dibuka worshop sehari Mengelola Gaji di Surabaya info http://bit.ly/PMSUB18 dan Workshop Kaya dengan Reksa Dana info http://bit.ly/RDSUB18. Tidak mau kalah dengan Surabaya, ada juga workshop di Bali info http://bit.ly/PMBL518 dan http://bit.ly/RDBL518 serta di Manado info http://bit.ly/PMMD518 dan http://bit.ly/RDMD518.

Sementara untuk ilmu yang lebih lengkap lagi, anda bisa belajar tentang perencanaan keuangan komplit, bahkan bisa jadi konsultannya dengan sertifikat Internasional bisa ikutan workshop Basic Financial Planning, kelas baru di bulan Juli awal.

Siap-siap juga awal bulanan Ramadan ada kelas Perencanaan Keuangan Syariah juga, info http://bit.ly/IFP0518, kelasnya hanya setahun sekali lho di bulan Ramadan saja.

Anda bisa diskusi tanya jawab dengan cara bergabung di akun telegram group kami “Seputar Keuangan” atau klik t.me/seputarkeuangan.

Tapi harus diingat bahwa hidup sederhana tidak saja serta merta kemudian anda menjadi pelit dan kikir. Anda tetap bisa menikmati hidup anda sekarang akan tetapi masing-masing porsi ada takaran dan batasannya. Sehingga dua-duanya dapat tercapai yaitu hidup di masa kini dan masa depan anda.

Dalam artikel berikutnya akan dibahas lebih banyak lagi trik untuk jadi kaya muda yang bisa anda lakukan dan mulai dari sekarang.

Equityworld Futures

Equityworld

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s